Halo pada posting kali ini saya akan membahas cara melakukan restore database MySQL di komputer lokal dengan menggunakan file backup yang telah dibuat pada posting sebelumnya. Bagi yang belum membuat file backup database MySQL dapat membaca posting sebelumnya yang membahas backup database MySQL di komputer lokal.
Berikut ini merupakan tutorial langkah demi langkah untuk melakukan recovery database MySQL
  • Hal pertama tentu saja memastikan bahwa kamu sudah menginstall program XAMPP di kompie kamu. Apabila kamu masih belum menginstall program XAMPP dan ingin menginstallnya, dapat membaca posting dengan judul panduan menginstall XAMPP. Bagi kamu yang mengalami masalah dalam menginstall XAMPP dapat membaca posting dengan judul masalah menginstall XAMPP.
  • Langkah kedua buka web browser kamu dan ketikkan localhost pada url addressnya dan klik phpMyAdmin seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
menu phpmyadmin 148x300 Restore Database MySQL di Komputer Lokal
  • Langkah ketiga adalah membuat database baru untuk menampung data yang akan direstore. Ketikkan nama database yang akan dibuat dan klik tombol create. Pada tutorial ini saya menggunakan nama database yang sama dengan database yang digunakan untuk melakukan backup, yaitu testing. Untuk lebih jelasnya kamu dapat melihat gambar dibawah ini.
membuat database 300x157 Restore Database MySQL di Komputer Lokal
  • Pilih database yang telah kamu buat, yaitu testing.
  • Langkah berikutnya adalah klik tab import seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
tab import 300x67 Restore Database MySQL di Komputer Lokal
  • Langkah berikutnya adalah menekan tombol browse dan memilih file backup yang akan digunakan untuk melakukan restore data. Pada kasus ini saya menggunakan file testing-05112008.sql yang saya buat pada posting sebelumnya. Setelah itu tekan tombol go. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
file backup 300x143 Restore Database MySQL di Komputer Lokal
  • Apabila proses import berhasil dilakukan akan muncul message yang menyatakan bahwa proses import berhasil dilakukan beserta dengan jumlah query yang dijalankan. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini.
pesan apabila proses import berhasil 300x155 Restore Database MySQL di Komputer Lokal
Oke selamat mencoba dan good luck icon wink Restore Database MySQL di Komputer Lokal